Engine diesel vs Engine Gas oline atau bensin

 Assalamualaikum warohmatuwllah hiwabarokatuh saya disini akan membahas engine diesel vs engine gas oline atau bensin, Engine Diesel adalah engine yang diperlukan torsinya atau kekuatannya karena engine diesel banyak dipakai di kendaraan alat angkut dan sektor industri, adapun dengan engine gas oline atau bensin adalah engine yang diperlukan untuk kecepatannya karena engine gas oline atau bensin sering dipakai pada kendaraan umum dan mesin kecil seperti mesin parut kelapa, genset kapasitas kecil, mesin pemotong rumput dan mesin kecil lainnya, nah apa keuntungan dan kerugian pada kedua engine tersebut, walaupun langkah pembakarannya sama yaitu hisap, kompresi, usaha dan buang, mari kita bahas. Engine diesel mempunyai keuntungan: 1. Torsi yang besar karena engine tersebut dirancang pada block engine dan komponen komponennya dengan sedemikian rupa agar menghasilkan torsi yang besar. 2. Engine diesel lebih irit bahan bakar dikarenakan tingkat kabut bahan bakar pada injektor lebih baik....

Nama komponen dan fungsi engine diesel 4 stroke


Komponen-komponen beserta fungsi engine diesel 4 stroke
Gambar_Pic1
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh, pada artikel ini saya akan membahas komponen komponen dan fungsi yang terdapat engine diesel.
Pada engine diesel terdapat komponen komponen sebagai alat input dan output penerus gerakan, apa saja nama komponen dan fungsi nya mari kita lihat dibawah:

1.      Pre cleaner
Pre cleaner adalah komponen untuk penyaringan udara awal atau biasa disebut saringan kasar pada engine diesel, sebelum masuk ke air cleaner udara disaring di pre cleaner terlebih dahulu, jadi fungsinya sebagai penyaring udara awal.
2.      Air cleaner
Air cleaner adalah komponen untuk penyaringan ke dua atau disebut saringan halus pada engine diesel, setelah melewati pre cleaner udara disaring lagi pada air cleaner, jadi fungsinya air cleaner sebagai saringan halus.
3.      Croshead (kepala cylinder)
Croshead atau kepala cylinder adalah komponen yang berfungsi untuk menjembatani dua buah valve agar dapat terbuka secara bersamaan oleh satu rocker arm pada engine yang memiliki 4 valve tiap cylinder.
IMG_20200508_151628.jpg
4.      Valve
Valve atau klep adalah komponen yang berfungsi sebagai pintu masuk udara ke ruang bakar dan pintu keluar udara ruang bakar, valve ada 2 jenis yaitu valve intake dan valve exhaust, perbedaan valve intake dan exhaust terdapat pada diamater valve tersebetu, biasanya valve intake diameternya lebih besar dibandingkan valve exhaust.
IMG_20200508_151549.jpg
5.      Camshaft
Camshaft atau biasa disebut noken as adalah komponen yang berfungsi sebagai pengatur timming pembukaan valve intake dan exhaust.
IMG_20200508_220852.jpg
6.      Push rod
Push rod adalah komponen yang berfungsi sebagai penerus tenaga dari camshaft yang mengubah gerak putar menjadi vertikal sehingga dapat mendorong rocker arm, agar valve terbuka sesuai timming.
IMG_20200508_151652.jpg
7.      Rocker arm
Rocker arm adalah komponen yang berfungsi sebagai penerus tenaga dari push rod untuk membuka valve seusai timming dengan cara rocker arm menekan spring valve.
IMG_20200508_151638.jpg
8.      Cylnder block
Cylnder block adalah komponen yang menentukan power engine, semakin besar diameter cylinder block semkain besar juga tenaga pada engine.
IMG_20200508_155025.jpg
9.      Crank shaft
Crank shaft adalah komponen yang berfungsi meneruskan tenaga ke connecting rod yang diterima melalui fly whell.
IMG_20200508_155405.jpg
10.  Connecting rod
Connecting rod adalah komponen yang berfungsi meneruskan tenaga ke piston dan merubah gerakan putar menjadi gerakan vertikal yang diterima melalui crankshaft.
IMG_20200508_155432.jpg
11.  Pin Piston
Pin Piston adalah komponen yang berfungsi menghubungkan connecting rod dan piston.
IMG_20200508_155415.jpg
12.  Piston
Piston merupakan komponen yang langsung berhubungan dengan gas pembakaran, yang menerima beban berat yang disebabkan tekanan pembakaran dan bergerak dengan kecepatan yang tinggi dan berulang.
IMG_20200508_155342.jpg
13.  Valve spring
Valve spring berfungsi untuk membuka valve dan menutup valve melalui gerakan tekan rocker arm, jika rocker arm menekan spring valve maka valve membuka jika rocker arm melepas tekanan maka valve menutup (sesuai timming).
IMG_20200508_151600.jpg
14.  Cylinder liner
Pada engine diesel yang bertenaga besar seperti alat berat cylinder liner ini sangat sering digunakan karena di cylinder liner ini pembakaran terjadi dan jika terjadi kelecetan pada cylinder liner maka tidak perlu overzize cylinder block engine yang diganti hanya cylinder liner saja.
IMG_20200508_155031.jpg
15.  Fly whell
Fly whell adalah komponen yang menruskan putaran dari gear pull in coil motor stater menuju crank shaft.
IMG_20200508_155509.jpg
16.  Dumper
Dumper berfungsi sebagai peredam getaran saat putaran engine diteruskan ke drive shaft, posisi dumper terletak sehabis fly wheel.
17.  Timming gear
Timming gear yaitu gear penghubung yang dilengkapi untuk mentrsanfer putaran crankshaft ke komponen engine dan lain lainnya yang membutuhkan tenaga putar.
IMG_20200508_155447.jpg
18.  Fip
Fuel injection pump yaitu pompa injeksi yang berfungsi memompa fuel pada mine gallery untuk di arahkan ke nozzel.
IMG_20200508_160157.jpg
19.  Nozzle
Nozzle merupakan komponen yang menyemprotkan fuel dari fuel injection pump ke ruang bakar.
IMG_20200508_220249.jpg
20.  Muffler
Muffler merupakan komponen yang mengeluarkan sisa sisa pembakaran dari ruang bakar melalui exhaust.
21.  Gasket cylinder head
Gasket cylinder head berfungsi sebagai penghalang oli keluar dari ruang bakar dan menghindari kompresi bocor.
22.  Main bearing cup
Komponen yang berfungsi untuk mengikat crank shaft pada cylinder block.
IMG_20200508_155046.jpg
23.  Main bearing
Sebagai bantalan crankshaft dan untuk mengurangi keausan akibat gesekan crankshaft terhadap cylinder block dan main bearing cap, pada persinggungan komponen ini dipasang bearing yang disebut dengan main bearing. Secara struktur pada main bearing trerdapat lubang oli dan groove yang berfungsi untuk menyalurkan oli dari cylinder block menuju permukaan crankshaft(main jurnal).
IMG_20200508_155053.jpg
24.  Thrust bearing
Sebagai penahan beban axial crankshaft dari sistem penyalur tenaga (power train).
IMG_20200508_155336.jpg
25.  Fuel filter
Sebagai penyaring bahan bakar sebelum masuk kle injection pump.
IMG_20200508_155610.jpg
26.  Ring piston
Berfungsi sebagai menjaga ketebalan oil film pada dinding cylinder, menahan tekanan gas kompresi di dalam cylinder agar tidak bocor, dan mentransfer panas dari piston ke cylinder.
IMG_20200508_155420.jpg
27.  Feed pump dan priming pump.
Dua komponen ini mempunyai fungsi sama yaitu untuk menghisap bahan bakar dari tangki untuk disupply ke injection pump,tetapi  ada perbedaannya kalau feed pump memompakan fuel berdasarkan putaran camshaft pada gear fip dengan tekanan berkisar 1,2-2,6 kg/cm².
IMG_20200508_220523.jpg
28.  Oil filter.
Berfungsi menyaring oil sebelum masuk ke ruang bakar sebagai pelumasan.
IMG_20200508_220734.jpg
29.  Oil cooler.
Berfungsi sebagai pendingin oil setelah oil tersebut melemuasi komponen engine yang membuthkan pelumasan, karena oil tersebut melumasi komponen engine yang membutuhkan pelumasan maka oil tersebut menjadi panas, nah panas oil tersebut di dinginkan oleh oil cooler, agar panas oil tersebut tidak melebihi standard.
IMG_20200508_220745.jpg
30.  Oil pump.
Oil pump berfungsi sebagai memompa atau menghisap oil dari oil pan menuju komponen yang membutuhkan pelumasan.
31.  Oil pan.
Berfungsi sebagai tempat penampungan oil di engine.
32.  Piston cooling nozle.
Pada tipe tipe engine yang terus berkembang terdapat piston cooling nozle pada engine, fungsinya sebagai pendingin piston dari permukaan bawah menggunakan oil, piston cooling nozle letaknya berada pada bagian bawah piston dekat connecting rod.
IMG_20200509_165226.jpg
33.  Dust indicator.
Dust indicator berfungsi sebagai pemberi tanda bahwasannya pada air cleaner udara buntu atau sudah banyaknya kotoran pada air cleaner.
IMG_20200509_165244.jpg
34.  Turbocharge.
Fungsi turbocharge sebagai penambah kualitas udara untuk digunakan sebagai pembakaran agar tercapainya flash point, atau titik point pembakaran.
IMG_20200509_165251.jpg
35.  After cooler.
Fungsi after cooler sebagai pendingin udara melalui media air pada intake manifold yang ingin masuk ke ruang bakar, agar partikel udara mengecil dan ketika bercampur dengan fuel makan pembakaran akan lebih cepat dan tidak menyisakan gas pembakaran terlalu banyak untuk di buang melalui exhaust.
IMG_20200509_170856.jpg

sekian dari saya sebagai penulis, kurang lebihnya mohon maaf Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu engine?

Landasan teori komponen genset dan sistem starting pada genset

Crankshaft atau yang dikenal sebagai Kruk As