Engine diesel vs Engine Gas oline atau bensin

 Assalamualaikum warohmatuwllah hiwabarokatuh saya disini akan membahas engine diesel vs engine gas oline atau bensin, Engine Diesel adalah engine yang diperlukan torsinya atau kekuatannya karena engine diesel banyak dipakai di kendaraan alat angkut dan sektor industri, adapun dengan engine gas oline atau bensin adalah engine yang diperlukan untuk kecepatannya karena engine gas oline atau bensin sering dipakai pada kendaraan umum dan mesin kecil seperti mesin parut kelapa, genset kapasitas kecil, mesin pemotong rumput dan mesin kecil lainnya, nah apa keuntungan dan kerugian pada kedua engine tersebut, walaupun langkah pembakarannya sama yaitu hisap, kompresi, usaha dan buang, mari kita bahas. Engine diesel mempunyai keuntungan: 1. Torsi yang besar karena engine tersebut dirancang pada block engine dan komponen komponennya dengan sedemikian rupa agar menghasilkan torsi yang besar. 2. Engine diesel lebih irit bahan bakar dikarenakan tingkat kabut bahan bakar pada injektor lebih baik....

Apa itu engine?

 Assalamualaikum warohmatuwllah hiwabarokatuh saya disini akan membahas apa itu engine, pada dasarnya engine itu merupakan alat untuk mempermudah manusia bekerja tetapi jika di bahas lebih dalam lagi apa itu engine, engine merupakan sebuah wadah atau tempat dimana energi kimia dirubah menjadi energi mekanik, di dalam engine banyak sekali komponen komponen seperti piston, crankshaft, camshaft dan lain lain.

pada awal mula sejarahnya tahun 1860, Lenoir (Perancis) berhasil membuat mesin gas bersiklus dua langkah. Proses pembakaran gas masih dalam kondisi tekanan atmosfer atau tanpa kompresi. Sehingga tidak dapat dihasilkan daya dan efesiensi yang tinggi. Pada tahun 1862, Beau de Rochas (Prancis) berusaha memperbaiki penemuan Lenoir dengan memberikan kompresi kepada gas sebelum dinyalakan. Hasilnya lebih baik walau belum memuaskan. 1876 Nikolaus Otto (Jerman) menemukan teori penyalaan gas dengan kompresi dengan menciptakan motor gas dengan empat langkah pada siklus kerjanya. Dan siklus kerja ini dinamakan “Siklus OTTO”.

Pada tahun 1879, Dugald Clark (Inggris) menemukan penyempurnaan motor dua langkah pada satu siklus kerjanya ( Two Stroke Engine). Dari Penemuan diatas, terus dikembangkan dengan penyempurnaan sampai pada sistem karburator dan EFI pada masa sekarang. Karena penemuan Nikolas OTTO dianggap sebagai awal penyempurnaan proses motor bakar maka proses motor bakar biasa disebut “Proses OTTO”. Pada tahun 1892 Rudolf Diesel menciptakan “Diesel Engine”, yaitu motor bakar tanpa penyalaan api listrik , tetapi dengan meniupkan bahan bakar pada udara yang sudah dikompresi. Pada tahun 1954, Felix Wankel menemukan Wankel Engine, yang merupakan jenis motor rotari pertama

sekian dari saya jika ada kekurangan mohon maaf, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Landasan teori komponen genset dan sistem starting pada genset

Crankshaft atau yang dikenal sebagai Kruk As