Engine diesel vs Engine Gas oline atau bensin

 Assalamualaikum warohmatuwllah hiwabarokatuh saya disini akan membahas engine diesel vs engine gas oline atau bensin, Engine Diesel adalah engine yang diperlukan torsinya atau kekuatannya karena engine diesel banyak dipakai di kendaraan alat angkut dan sektor industri, adapun dengan engine gas oline atau bensin adalah engine yang diperlukan untuk kecepatannya karena engine gas oline atau bensin sering dipakai pada kendaraan umum dan mesin kecil seperti mesin parut kelapa, genset kapasitas kecil, mesin pemotong rumput dan mesin kecil lainnya, nah apa keuntungan dan kerugian pada kedua engine tersebut, walaupun langkah pembakarannya sama yaitu hisap, kompresi, usaha dan buang, mari kita bahas. Engine diesel mempunyai keuntungan: 1. Torsi yang besar karena engine tersebut dirancang pada block engine dan komponen komponennya dengan sedemikian rupa agar menghasilkan torsi yang besar. 2. Engine diesel lebih irit bahan bakar dikarenakan tingkat kabut bahan bakar pada injektor lebih baik....

Crankshaft atau yang dikenal sebagai Kruk As

                                                            

   Crankshaft atau Kruk As                   

Hi kawan kawan kali ini saya akan mengenalkan komponen dari bagian engine yaitu bernama crankshaft, Komponen ini biasa digunakan pada industri automotive, penggunaan komponen ini terdapat di dalam engine, dari segi ukuran crankshaft ada yang kecil pendek dan ada yang besar panjang biasanya crankshaft yang berukuran kecil pendek digunakan pada engine egnine kecil yang terdapat pada motor, mesin parut kelapa nah yang berukuran besar panjang itu biasanya terdapat pada engine besar seperti mobil, trcuk, alat berat dan crankshaft terbuat dari baja karbon tinggi karena untuk menahan tekanan yang dikirim dari piston dan connecting rod karena itu dia harus tahan lama dan pastinya kuat nah itu merupakan pengenalan dari crankshat, selanjutnya fungsi komponen ini sebagai penerima tekanan dari piston atau saher dan connecting rod atau biasa disebut setang seher dan mengubah gerakan tegak lurus dari connecting rod atau setang seher menjadi gerak putar dan meneruskannya ke output yaitu fly whell, itu secara umum fungsi dari crankshaft atau kruk as, tapi taukah kenapa crankshaft untuk piston lebih dari 1 tidak berbentuk lurus sejajar, jadi seketika crankshaft berbentuk lurus sejajar maka tidak ada keseimbangan pada crankshaft yang berputar yang menyebabkan crankshaft tersebut oleng karena menerima tekanan besar dari connecting rod dan mengakitbatkan tidak maksimalnya kerja crankshaft di dalam engine maka dengan itu juga engine tersebut dalam masalah.
Nah itu dia pengenalan komponen di dalam engine yang bernama crankshaft jika ada kekurangan mohon dimaafkan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu engine?

Landasan teori komponen genset dan sistem starting pada genset